Me Vs Maya

Me Vs Maya
my novel

emak lebay

emak lebay
curhat emak duoNa

Jurnal Sehat Emak

Jurnal Sehat Emak
Diet Sehat Ala Emak

Senin, 31 Agustus 2015

Perempuan Kedua



Poligami, mau sah atau siri, tetap perempuan yang dirugikan. Dan sayangnya, atas nama ada dalam agama, ini tidak dipertimbangkan.

Well, saya bukan penolak poligami, karena ada dalam agama. Tetapi kenapa kenyataan bahwa pada akhirnya praktek poligami yang kini berkembang banyak merugikan kaum perempuan, kog nggak dilihat ya?

Saya melihat sendiri satu fakta itu...

Dia ipar saya, namanya Ira.  Tadinya dia menikah dengan Heri, laki-laki yang jadi suaminya selama 9 tahun.  Kemudian, seperti saya, tahun-tahun pernikahan mereka ada masalah besar yang tidak bisa diselesaikan, sehingga mereka memutuskan untuk bercerai.

Kemudian, Ira menikah dengan laki-laki yang banyak membantunya saat dia terhadang masalah dengan mantan suaminya.  Laki-laki itu sudah beristri.  Ira pun jadi istri kedua.

Sayangnya tidak sah secara hukum.  Laki-laki itu sudah menikah 20 tahun, tetapi belum memiliki keturunan.  Bersama Ira, laki-laki itu mempunyai satu anak laki-laki.

Selesai?

Tidak.  Pernikahan mereka yang tidak sah secara hukum membuat kedudukan hukum anak laki-laki mereka tidak kuat, dan madunya Ira tidak mengijinkan pernikahan mereka disahkan secara hukum.

Salahkah madunya Ira?  tidak, karena mungkin dia hanya punya kekuatan ini untuk mengukuhkan haknya sebagai istri sah.  Dan apakah yang harus dilakukan oleh Ira?

Aku hanya bisa menghela napas dan berkata kepadanya, "Lah tahzan, sister....Allah pasti memberimu jalan yang terbaik."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar